Rabu, 18 Maret 2009

" Robot Model Fashion "


Tak lama lagi, robot akan bersaing atau kalau tidak menggantikan model di catwalk. Robot buatan Jepang terbaru tidak hanya cantik secara penampilan, namun bisa berlenggak-lenggok dengan pinggul bergoyang saat berjalan.

"Secara teknologi, ia sudah mencapai level tersebut," ujar Hiroshi Hirukawa, salah satu ilmuwan dari National Institute of Advanced Industrial Sciences and Technology, lembaga riset yang didukung penuh dana pemerintah Jepang. Robot tersebut dipamerkan Senin (16/3) dalam peragaan busana di Tokyo.

Saat berjalan, gerakan-gerakannya kaki dan tangan luwes seperti manusia. Ekspresi wajhanya juga dapat berubah-ubah dengan gerakan mata dan mulut sesuai perintah.

Beda halnya dengan robot terbaru ini. Tidak saja bisa berbicara menyapa para hadirin, robot cantik bernama HRP-4C tersebut juga diprogram sedemikian rupa sehingga gerak gerik tubuhnya mirip dengan model manusia sungguhan.

Saat ditampilkan pada khayalak di Tokyo, sang robot tampil dengan senyum mempesona. Bahkan ia nantinya akan tampil juga di sesi khusus perhelatan busana Tokyo fashion show.

Robot tersebut tampil dengan wajah khas wanita Jepang dengan kulit putih dan rambut hitam lurus sebahu. Tingginya 158 centimeter dengan berat 58 kilogram. Sementara bagian badannya masih berupa logam berwarna perak, fisik HRP-4C mirip dengan perawakan wanita Jepang pada umumnya. Menurut para pembuatnya, bentuk si robot terinspirasi dari karakter di komik manga.

Selain model di catwalk, robot yang diberi nama HRP-4C itu mungkin dapat digunakan pula untuk menggantikan pemandu atau instruktur. Misalnya, pemandu arah di taman kota atau sekadar menggerakgerakkan badan untuk memberi hiburan pengunjung tempat hiburan.

Dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, pengembangan benda canggih itu memakan biaya sampai US$ 2 juta. Sayang harganya masih sangat mahal. Platform robot tanpa bagian wajah yang halus berbahan silikon akan dijual dengan harga 20 juta yen atau sekitar Rp 2,4 miliar.

link video : http://www.metacafe.com/watch/33094/robot_model/


With love,


FA. Management

http://www.fashion-aksesoris.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar